Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Windows 7

Cara Mempercepat Windows 7 – Windows 7 merupakan sistem operasi yang paling stabli saat ini. Windows 7 menjadi pilihan bagi pengguna XP yang bermigrasi. Untuk meningkatkan performa Windows 7, berikut kami berikan cara atau tipsnya.

Cara pertama
Pada sistem operasi Windows 7 terdapat beberapa visual efek yang memakan banyak resource komputer. Agar kinerja Windows 7 optimal, berikut langkah-langkahnya.



Klik kanan pada Computer dan pilih Properties. Pada jendela yanng dibuka, klik Advanced System Settting dan pilih System Properties. Pilih tab Advanced dan klik Setting. Kemudian plih Custom. Centang semua opsi dan pilih hanya 4 pilihan terakhir. Logoff untuk melihat perubahan.

Cara kedua
Langkah berikutnya adalah dengan menonaktifkan Search Indexing pada Windows 7. Hal ini akan sedikit meningkatkan performa kemampuan untuk melakukan pencarian pada sistem. Untuk melakukannya,klik kanan pada Computer, pilih Services and Applications dan klik Computer Management. Klik Services. Di situ Anda dapat melihat list dari beberapa service. Perhatikan pada Windows Search. Klik kanan pada Windows Search dari list dan pilih Properties. Selanjutnya akan ditampilkan Windows Search Properties Window. Dari startup type, klik menu Dropdown dan pilih Disables. Klik Apply dan klik OK.
Sekarang fitur Search Indexing sudah dinonaktifkan.

Cara ketiga
Non aktifkan Aero Theme. Bila Anda tidak lebih mementingkan penampilan Windows 7, maka mematikan fitur Aero Theme merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan performa Windows 7. Fitur Aero lebih banyak menghabiskan resource komputer. Jadi tidak ada salahnya Anda non aktifkan fitur ini.

Cara keempat
Matikan service (layanan) yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan untuk penggunaan sehari-hari, misalnya print spooler yang hanya diperlukan jika kita akan menggunakan printer. Cari di internet service yang diperlukan kadang-kadang dan alangkah baiknya jika Anda mematikan service tersebut dan lakukan pengaturan secara manual saat Anda memerlukan.

Cara kelima
Percepat kinerja USB di sistem operasi Windows 7. Untuk mengkonfigurasikan fitur ready boost Windows 7 Anda membutuhkan High Speed Flash/USB atau pendrive yang kompatibel dengan ready boost. Setelah Anda menancapkan flashdisk buku Computer kemudian klik kanan USB Drive/Pendrive dan pilih ready boost tab, centang kotak kecil Use this device.
Fitu ini dapat meningkatkan Windows 7 dan dapat menggunakan flashdisk atau drive USB sebagai RAM untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan Windows 7.

Cara keenam
Nonaktifkan fitur di Windows 7 yang sering tidak digunakan. Untuk menongaktifkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Buka Program and Features dari Control Panel, pada jendela sebelah kiri klik Turn Windows Features On or Off. Hilangkan centang pada semua fitur yang tidak diinginkan pada Windows 7 dan restart system untuk mengetahui perubahan.

Cara ketujuh
Nonaktifkan sidebar Windows 7. Hal ini dapat  mempercepat beberapa detik proses startup. Misalnya, nonaktifkan RocketDock dll.

Cara kedelapan
Nonaktifkan thumbnail preview pada Windows 7. Thumbnail preview merupakan  salah satu fitur yang menampilkan gambar kecil dan isi folder yang terlihat cukup bagus. Tapi thumbnail preview mengambil sumber daya sistem. Dengan menonaktifkan thumbnail preview, maka file browsing di Windows 7 explorer dapat dipercepat.

Cara kesembilan
Nonaktifkan Item Startup. Untuk melakukannya ketik msconfig pada run dari start menu, tekan Enter untuk membuka System Configuration Utility. Klik tab Startup dan hilangkan tanda centang

Cara kesepuluh
Lakukan Tweaking Registry. Cara ini dilakukan bagi Anda yang sudah ekspert. Hal ini dikarenakan Anda harus otak-atik registry dan melakukan beberapa perubahan di dalamnya.
Jika Anda ingin melakukan tweaking registry, ada baiknya Anda melakukannya menggunakan aplikasi Tune up utilities untuk menjaga bentuk Windows 7 bila sewaktu-waktu error.


Demikian sepuluh Cara Mempercepat Windows 7, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.