Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung UFS 2.0 Dikenalkan, Menawarkan Kecepatan Lebih Tinggi Dari eMMC 5.1



Sebelumnya pernah dirumorkan bahwa Samsung akan mengembangkan memori dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dan lebih dikenal UFS 2.0. Jenis memori UFS 2.0 akan tersedia dalam berbagai kapasitas yakni 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Sayang belum diketahui apakah UFS 2.0 juga akan tersedia dalam varian 8 atau 16 GB. Namun sepertinya jenis memori UFS 2.0 hanya akan digunakan oleh smartphone mahal.




Sementara itu standar memori yang ada saat ini masih menggunakan adalah eMMC 5.1. eMMC 5.1 telah digunakan banyak smartphone saat ini dengan kecepatan baca hingga 250 MB/s dan kecepatan tulis hingga 125 MB/s. Nah UFS 2.0 sendiri menawarkan kecepatan baca yang jauh lebih tinggi hingga 350 MB/s dan kecepatan tulis hingga 150 MB/s. Dan bahkan akan dijadikan standar memori smartphone menggantikan eMMC 5.1.

Memori UFS 2.0 merupakan jenis memori yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan besar seperti Samsung, Nokia dan Micron tahun 2007 lalu yang tergabung dalam Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC). Menariknya lagi kini Toshiba dan SK Hynix juga telah ikut bergabung dalam pengembangan jenis memori UFS 2.0 tersebut. Sementara itu Samsung sendiri kabarnya akan segera menerapkan UFS 2.0 pada smartphone-smartphone andalannya.