Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet – Flashdisk merupakan salah satu media yang sangat penting bagi kita. Flashdisk penting karena media ini mudah untuk di bawa kemana karena memiliki ukuran yang lebih kecil dari Harddisk. Dari segi harga flashdisk jauh lebih murah daripada Harddisk eksternal. Jika dibandingkan dengan CD atau DVD, Flashdisk lebih cepat terbaca pada komputer dan mudah untuk dihapus dan diisi kembali datanya.

Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet


Sebagai media yang penting bagi kita, alangkah baiknya jika sobat mengetahui cara merawat Flashdisk dengan tepat agar Flashdisk kita tidak cepat rusak dan lebih awet. Berikut ini kami berikan tipsnya.

Tips pertama
Saat meletakkan Flashdisk hindarkan dari tempat yang mempunyai medan magnet tinggi, misalnya speaker aktif. Hal ini bermanfaat agar data pada Flashdisk  tidak terganggu.

Tips kedua
Saat Flashdisk tidak sedang digunakan simpanlah Flashdisk ditempat yang bersih dan kering. Hindari tempat yang lembab atau kotor untuk menghindari berkaratnya komponen di dalamnya.

Tips ketiga
Selalu backup data yang ada di Flashdisk agar Anda punya data backup sewaktu-waktu Flashdisk sobat terkena virus, rusak atau hilang.

Tips keempat
Saat menggunakan Flashdisk untuk tranfer data, scan terlebih dahulu dengan antivirus yang terdapat pada komputer Anda.

Tips kelima
Usahakan agar Flashdisk tidak jatuh agar komponen dalam Flashdisk tidak cepat rusak. Hindari pula agar Flashdisk tidak tertinggal di baju dan terendam di air.

Tips keenam
Selalu lakukan prosedur eject atau stop Flashdisk sebelum mencabut dari komputer.

Tips ketujuh
Pilihlah Flashdisk yang memiliki desain tutup terkait dengan  badan Flashdisk.

Tips kedelapan
Agar Flashdisk dapat bekerja dengan optimal, sesekali lakukan defrag pada Flashdisk sama seperti Flashdisk untuk merapikan susunan penyimpanan file.

Demikian tips merawat Flashdisk agar lebih awet digunakan dan bertahan lebih lama dalam penggunaan. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk Anda.