Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menonaktifkan Control Panel

Tips Menonaktifkan Control Panel - Control Panel merupakan salah satu fitur untuk mengubah beberapa setingan dasar Windows. Bila sobat ingin mengamankan setingan sobat, agar tidak lagi dirubah oleh siapapun adalah dengan mengunci Control Panel.

Ada banyak cara untuk mengunci fitur Control Panel, misalnya dengan melakukan tweak. Kita akan melakukan proses penguncian Control Panel dengan tweak registri dan Group Policy.

Pertama ketik gpedit.msc ke dalam kotak pencarian di menu start dan tekan Enter.Ketika Local Group Policy Editor terbuka, arahkan ke User Configuration \ Administrative Templates lalu pilih Control Panel di Kolom kiri. Dalam dua kali kolom klik kanan pada Prohibit acces to the Control Panel.            

Pada jendela berikutnya, pilih Enable, klik OK, kemudian tutup luar Local Group Policy Editor. Setelah Control Panel dinonaktifkan, sobat akan melihat itu tidak lagi tercantum dalam Start Menu.
Jika pengguna mencoba untuk mengetik Control Panel ke dalamkotak pencarian menu Start, maka akan muncul pesan bila sistem dibatasi oleh administrator. 

Registry Tweak


Untuk melakukan proses tweak Registry relatif lebih beresiko. Jadi ada baiknya sobat melakukan backup file registry terlebih dahulu. Ketik regedit ke dalamkotak pencarian di menu Start dan tekan Enter. 

Pada Registry Editor arahkan HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Policies\Explorer. Kemudian klikkanan di jendela kanan dan buat nilai DWORD baru(32-bit). 

Nama nilai NoControlPanel. Kemudian klik kanan new Value dan klik Modify. Dalam bidang Value data ubah nilainya menjadi “1” kemudian klik OK. Tutup keluar dari Registry Editor dan restart mesin untuk melengkapiproses. 

Setelah sobat reboot, sobat tidak akan melihat Control Panel tidak lagi pada menu Start.

Jika ada user yang mencoba mengaksesnya dengan mengetik Control Panel ke dalam kotak pencarian di menu Start .....    Mereka akan mendapatkan pesan berikut yang mensobatkan bahwa ia dibatasi, sama seperti jika sobat menonaktifkan melalui Group Policy.Jika sobat ingin mengaktifkan kembali Control Panel, kembali ke Registry dan mengubah nilai NoControlPanel kembali ke “0” lalu reboot komputer. 

Hal ini sangat berguna jika sobat memiliki PC yang tidak menginginkan user lain bermain-main dengan pengaturan Control Panel. Demikian informasi terbaru mengenai Tips Menonaktifkan Control Panel. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi Anda, baca juga informasi mengenai Tips Mengatasi Gagal Booting Pada Laptop.