Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Gagal Booting Pada Laptop

Tips Mengatasi Gagal Booting Pada Laptop – Booting merupakan proses masuk ke dalam sistem komputer yaitu dalam sistem operasi. Terkadang ketika komputer kita nyalakan, tiba-tiba terjadi gagal booting atau gagal masuk ke sistem operasi. Gagal booting bisa terjadi pada semua sistem operasi, Windows, Linux, Solaris, iOS ataupun Android. Sebenarnya banyak faktor penyebab yang menyebabkan komputer gagal booting. 


Jika kita menggunakan sistem operasi Windows 7 dan tiba-tiba laptop tidak bisa booting dan keluar pesan BOOTMGR is missing, maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut.


Masalah gagal booting seperti di atas disebabkan karena terjadi crash pada sistem operasi Windows. Kemungkinan besar aplikasi baru yang terinstall juga crash. Faktor pernyebab lainnya adalah karena adanya virus komputer yang menyebabkan salah satu atau beberap file hilang atau terhapus. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat menggunakan CD Windows 7 yang sudah Anda gunakan untuk instalasi. Anda dapat menggunak CD tersebut untuk me-repair atau memperbaiki tanpa harus install ulang Windows.

Langkah pertama, masukkan CD Windows 7 dan pastikan ketika laptop booting pertama pada DVD (Anda dapat mengatur ini pada BIOS). Setelah itu pilih Startup Repair dan jalankan Command Prompt. Setelah itu ketikkan C: dan tekan Enter. Ketikkan cd boot kemudian tekan Enter.
Setelah keluar C:\, ketikkan perintah-perintah berikut.
Bootrec /FixMbr
Bootrec /FixBoot
Bootrec /RebuildBcd

Setelah itu restart komputer Anda. Semoga langkah-langkah tersebut berhasil. Demikian Tips Mengatasi Gagal Booting Pada Laptop, semoga bermanfaat.