Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memaksimalkan Kapasitas RAM

Tips MemaksimalkanKapasitas RAM  - RAM (Random Access Memory) memiliki perang yang sangat penting dalam mempengaruhi kinerja sebuah PC. Selama ini kita paling sering berkutat dengan jumlah RAM 4GB. Padahal Windows sendirisecara teori tidak membatasi penggunaan RAM hanya pada angka 4 GB.

Windows membeda-bedakan supportnya untuk penggunaan RAM. Sekarang bila sobat menggunakan Windows versi 64bit, tentunya dengan mesin 64bit, maka sistem dapat mendukung penggunaan RAM hingga 192GB. Bila sobat menggunakan Windows 7 Home Premium, maka RAM yang disuport hanya sampai angka 16 GB.


Tips Memaksimalkan Kapasitas RAM

Tetapi jika sobat mengalami permasalahan RAM yang dibatasi oleh Windows hingga 8GB saja, dimana kapasitas RAM tidak terdeteksi secara maksimal. Misalnya sobat memasang RAM 8 GB, tetapi yang terbaca 7.49GB, maka sobat akan bertanya penyebab penyusutan jumlah RAM tersebut. 

Sobat dapat memperhatikan gambar sebuah sistem memberitahu RAM yang bisa digunakan hanya 7.49Gb dari 8GB yang terpasang. Tentunya sobat penasaran dengan masalah yang terjadi tersebut. Masalah ini akan terjadi Mengapa kasus ini? Mari kita menggali lebih jauh lagi. Sobat pergi ke Task Manager > Performance Tab > Resource Monitor. Klik ke bagian memori, sobat akan melihat bagian dari memori sobat yang diberi label “Reserved Hardware” 521MB. Mengapa begitu? 

Kemungkinan berarti beberapa memori sistem digunakan pleh kartu grafis. Atau kartu grafis mengambil beberapa kapasitas RAM. Ini tergantung berbagai perangkat keras yang dimiliki pada sistem. Jika sobat memiliki kartu grafis khusus, maka hal ini seharusnya tidak terjadi, tetapi jika sobat sering melakukan tweak msconfig sobat untuk mengatur “Maximum memory” pada opsi boot, selama proses boot. Sistem sobat akan memaksimalkan dan mangalokasikan sebanyak nilai yang tercantum untuk memori video, meskipun sobat memiliki kartu grafis khusus.

Untuk memperbaiki ini, hanya pergi ke msconfig dan hapus centang opsi “memori Maksimum” pada bagian boot Advance, dan restart komputer sobat. Setelah sobat restart komputer sobat, pergi ke system preference lagi, dan sobat akan melihat nilai RAM akan sepenuhnya digunakan kembali pada sistem utama. Sekarang sistem sobat telah menggunakan memori sepenuhnya.

Demikian tips memaksimalkam kapasitas RAM, baca juga tips mempercepat Window 7.