Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membatasi Akses Internet

Tips Membatasi Akses Internet - Seperti halnya dunia nyata, dan internet itu bisa diibaratkan sebuah rumah dengan beragam bentuk dan sifatnya. Dan saat ini belum ada satu sistem yang secara langsung bisa bersifat seperti orang tua, yang mampu mengontrol akses internet ke alamat-alamat yang tidak diinginkan, sehingga pengguna seperti anak-anak tidak akan bisa mengakses ke situs dewasa.
 
Dimulai pada generasi Internet Explorer 5.x hingga generasi internet Explorer 8, telah dimasukkan sebuah sistem Content Advisor, dimana browser tadi mampu menspesifikasi isi dan level pada alamat-alamat web site. Untuk menjalankan hal tersebut, jalankan Internet Explorer klik menu tools, pilih Internet Options, klik Content tab yang ada di dalam dialog box Internet Options, kemudian tekan Enable di dalam bagian Content Advisor.


Pengaturan Dasar

Pada tampilan Ratings tab ditampilkan sistem rating default, RSACi (nama untuk Recreational Software Advisory Council). RSACi disediakan untuk melakukan pengaturan atau memberikan batasan terhadap isi dan kategorinya. Jalan terbaik untuk mengetahui bagaimana RSACi ini bekerja, adalah dengan mengklik salah satu dari kategori rating : Language, Nudity, Sex, atau Violence.

Klik beberapa kategori, dengan memanfaatkan slidder anda bisa menggunakannya untuk menemukan seberapa banyak item browser. Misalnya, slider language yang didalamnya ada lima pilihan : Inoffensive Slang, Mild Expletives, Moderate Expletives, Obscene Gesture, dan Explicit Or Crude Language. Geserlah semua bar untuk melakukan memblok. Slide bar yang terdapat di kanan ini akan mengijinkan penggunaan bahasa pada level-level tertentu. Dengan melakukan pengaturan yang tepat, anda bisa memberikan bebrapa instruksi dan batasan menurut level yang Anda inginkan.

Mengunci Setting
Setelah anda memastikan beberapa setting padda RSACi, anda bisa mengunci setting tersebut agar tidak dapat diubah-ubah lagi setting yang telah anda tentukan tadi. Untuk memberikan password pada dialog box Content Advisor, pilih General tab, lalu klik tombol change password.... Bila sebelumnya anda belum pernah memasukkan password didalamnya, maka untuk boc Old Password bisa diabaikan (tidak diisi), kemudian isilah password anda pada box new password, dan ulangi password tersebut pada box Confirm new password, lalu klik OK.

Setelah semua selesai, anda bisa keluar darisemua dialog box yang ditampilkan. Dan sekarang Internet Explorer akan selalu memberikan batasan padda setiap user yang menggunakan browser pada komputer tersebut. Bila anda sendiri ingin melakukan browsing tetapi tidak ingin diberikan beberapa batasan yang seperti dibuat diatas, anda bisa men-disable fungsi tersebut dengan mengklik tombol Disable pada dialog boc Content Advisor. Sebelum anda bisa men-disable  Content Advisor, anda harus mengisikan passwordnya terlebih dahulu. Bila saja Anda lupa dengan password tersebut, maka anda tidak akan bisa men-disable Content Advisor tersebut.

Demikian tips membatasi akses internet dan semoga bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel lainnya mengenai Tips Mempercepat Koneksi Internet.