Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menampilkan Nomor Halaman Sesuai Yang Diinginkan di Word

Tips Menampilkan Nomor Halaman Sesuai Yang Diinginkan di Word –Tips ini sangat bermanfaat bagi sobat yang sedang mengerjakan Makalah, Skripsi, Thesis ataupun Desertasi. Terkadang kita ingin nomor halaman tidak mulai dari nomor 1, karena halaman awal digunakan untuk halaman judul, kata pengantar dll. Dan halaman 1 baru kita mulai pada lembar ke-2, ke-3 dst. Tips ini memungkinkan kita membuat beberapa bab dan judul halaman dalam satu file. Tips ini cocok untuk Word versi 2007, 2010 dan 2013.

Untuk membuat nomor halaman sesuai  yang diinginkan, maka sobat perlu membagi dokumen dalam dua bagian dan memutuskan keduanya (unlink). Setelah itu lanjutkan dengan pengaturan tampilan nomor halaman sesuai dengan jumlah halaman yang diinginkan.

Langkah 1
Letakkan kursor dimana dokumen ingin dipisahkan. Misalnya tempatkan kursor di halaman 2 untuk memisahkan halaman dengan halaman 3. Pada Ribbon klik tab Page Layout dan pilih Breaks, setelah itu klik Next Page.



Langkah 2
Klik dua kali area Header atau Footer dimana sobat ingin menampilkan nomor halaman.  Hal ini akan membuka tab Design di bawah Header atau Footer. Klik pilihan “Link to Previous” untuk menonaktifkan dan memisahkan header atau footer dari halaman sebelumnya.



Pada bagian ini yang perlu diperhatikan adalah header dan footer terhubung secara terpisah, sehingga nomor halaman berada di header, nonaktifkan link untuk header dan footer.

Langkah 3
Pada Ribbon, klik Page Number, lalu pilih sebuah lokasi dan style. Misalnya pilih Top of Page dan pilih desain yang diinginkan.



Langkah 4
Setelah itu klik Page Number dan pilih Format Page Number. Untuk memulai halaman dari 1, pilih Start “1”.




Langkah 5
Jika sudah selesai pilih Close Header dan Footer di bagian kanan sebelah atas.


Demikian Tips Menampilkan Nomor Halaman Sesuai Yang Diinginkan di Word, semoga tips ini bermanfaat bagi sobat, terutama bagi sobat yang sedang menyusun skripsi. Langkah-langkah tersebut terkadang sepele, tetapi sangat berarti jika sobat tidak mengetahui Tips Menampilkan Nomor Halaman Sesuai Yang Diinginkan diWord.