Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengamankan Laptop Saat di Free HotSpot



Cara Mengamankan Laptop Saat di Free HotSpot - Sekarang giliran mengamankan laptop anda saat mengakses sebuah jaringan free WiFi yang tersebar di mall atau kong-kow. Jadi ada baiknya anda memberikan beberapa keamanan pada notebook, sebagai tindakan pencegahan dari akses orang lain.

Aktifkan Firewall

Apakah anda menggunakan Firewall bawaan Windows atau aplikasi dari pihak ke-3. Klik Start kemudian Control Panel, membuat View yakin pilih “View by Large” kemudian klik Windows Firewall.
·         Kemudian pilih “Turn Windows Firewall on or off”.
·         Kemudian pastikan itu dihidupkan di bawah bagian “Home or Work and Public networking location settings”.

Matikan Fitur File Sharing
File dan Folder sharing merupakan fitur pada Windows 7, tetapi ketika anda berada di jaringan publik, anda tidak ingin orang lain melihat data anda. Untuk itu mematikannya,klik pada icon Network di taskbar dan pilih “Open Network and Sharing Center”.
Kemudian klik pada “Change advanced sharing setings hyperlink”. Sekarang pastikan untuk memilih “ Turn off file and Printer Sharing” dan “Turn off Public folder sharing”.
Pastikan anda menyimpan perubahan ketika sudah selesai.

Setting Public Network
Daripada harus khawatir tentang mengubah pengaturan anda setiap kali anda log on ke Jaringan Publik, maka baiknya beri pengaturan sendiri. Jadi saat pertama kali terhubung ke Hotspot Publik, Windows akan meminta anda untuk memilih lokasi untuk Jaringan. Sebagai contoh disini kita ingin terhubung ke Free WiFi. Pastikan Anda memilih “Public Networking”.
Ini secara otomatis akan mematikan FileSharing, Discovery Network, dan Public Folder Sharing.

HTTPS Protokol
Protokol memang cukup rentan diintai pada jaringan free WiFi. Semua informasi teks dapat dengan mudah ditemukan oleh orang jahil dengan packet sniffer. Maka sebaiknya anda menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) atau SSL dimanapun anda bisa.
Sebagai contoh anda dapat mengatur layanan Gmail dan Google lainnya untuk selalu menggunakan https saat terhubung. Buka pengaturan Gmail account, dibawah tab General gulir ke bawah untuk koneksi Browser dan pilih “Always use https”. Sekali lagi, pastikan anda mengklik “Save Settings” di bagian bawah halaman.
Kemudian ketika Anda pergi ke layanan Google terkait dengan account tersebut, Anda akan melihat sebelum URL pada Address Bar.
Ia akan bekerja untuk browser yang Anda gunakan. Hal lain untuk memeriksa browser anda untuk memastikan anda menggunakan https adalah untuk mencari ikon kunci di sudut kanan bawah browser anda.

PRIVAT VPN
Jika anda ingin memastikan anda memiliki perllindungan ekstra, bisa memanfaatkan VPN (Virtual Private Network). Hal ini memungkinkan anda untuk rute lalu lintas data anda meskipun jaringan yang terpisah dan aman. Ada beberapa layanan gratis dan langganan yang berbeda yang akan melakukan ini untuk anda tetapi kami hanya akan melihat pada pasangan.

ProXPN adalah mudah untuk menggunakan klien VPN. Anda perlu membuat account terlebih dahulu, kemudian download dan menginstal klien. Setelah itu login ke account anda dan anda akan terhubung ke VPN mereka yang aman tanpa perlu khawatir lalu lintas dari mesin anda berada di area hotspot.

Mereka menawarkan versi gratis dan premium. Kami menemukan bahwa koneksi kita bisa lambat di saat menggunakan versi gratis, terutama di situs multimedia. Jika anda menemukan anda menggunakan hotspot banyak, anda mungkin dikenai biaya $5 per bulannya untuk versi premium yang tidak menghasilkan kecepatan lebih cepat, dan memastikan tingkat yang lebih tinggi enkripsi.
Hotspot Shield addalah utilitas laiin VPN populer dan mudah digunakan yang berjalan di background dan menciptakan VPN secara otomatis.

Mungkin yang bikin keberatan adalah tampillan iklan yang mencoba untuk menginstal crapware pada komputer anda. Pastikan untuk hapus centang setiap crapware saat mencoba untuk menawarkan anda.
Memang itu akan menngganggu anda, karena toolini gratis dan mudah digunakan. Jika anda hanya perlu menggunakannya sesekali padda Hotspot, itu mungkin gangguan iklan bisa sedikit ditoleransi. Hal lain yang mungkin ingin mempertimbangkan adalah menyiapkan VPN sendiri pada komputer anda atau pada Windows Home Server.

Jadi perlu diingat jangan memasukkan informasi pribadi saat terhubung ke Hotspot Wi-Fi gratisan kecuali anda benar-benar yakin semuanya aman dan terenskripsi.

Demikian tips Cara MengamankanLaptop Saat di Free HotSpot. Baca juga artikel Tips dan Trik komputer lainnya.