Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesfikasi dan Harga Rapoo 7100P



Spesfikasi dan Harga Rapoo 7100P - Dibeberapa edisi yang lalu kami sempat membahas mengenai 2 mouse dari brand Rapoo yang ditujukan untuk notebook karena bodinya yang mini. Baru-baru ini kami kedatangan lagi sebuah produk mouse dari Rapoo. Bedanya kali ini sudah dibekali dengan DPI switch dan layout bodi yang mengikuti genggaman tangan kanan.

Permukaan Tombol Nyaman



Mouse ini dijual dalampaket penjualan berbahan plastik keras transparan, sehingga dari luar anda dapat melihat bentuk dari mouse itu sendiri. Di dalamnya anda akan mendapatkan unit mouse, nano receiver, 2 buah baterai AA yang sudah terpasang dimouse, quick start guide dan CD driver. Untuk yang anda menggunakan netbook, mungkin susah mengingat tidak adanya optical drive. Tetapi solusinya mudah, cukup download saja melalui situs resmi Rapoo xdan mencari tipe mouse ini. Yang pasti anda harus menginstal driver ini karena sangat diperlukan untuk proses pairing (akan dibahas dibagian bawah).

Mari lanjut membahas mengenai dasain dan bodi dari mouse. Dari lekuk bodinya sudah terlihat bahwa Rapoo 7100P didesain khusus untuk penggunaan tangan kanan. Selain tombol klik kiri dan kanan, terdapat sepasang tombol tambahan di sisi kiri untuk diakses cepat oleh ibu jari. Secara default tombol ini berguna sebagai Back dan Forward pada browser. Scroll wheel yang ada memiliki akses 4 warna pilihan berikut akses 4 arah, yang dimana selain scrool kebawah dan atas juga dapat di klik ke kiri dan kanan. Sedikit di bawah scroll wheel dapat ditemukan DPI switch yang memungkinkan anda secara cepat untuk mengubah antara 500 DPI atau 1000 DPI.

Untuk permukaan bagian atas dari mouse itu sendiri memiliki 4 warna pilihan berikut aksen yang berbeda. Permukaan ini juga memiliki bahan yang anti selip untuk memastikan jari dan telapak tangan tidak licin. Selain itu dibagian sisi kiri bodi tempat ibu jari juga dlapisi dengan bahan karet, sehingga menambah grip.

Proses Pairing Kurang Fleksibel
Untuk menggunakan mouse ini, anda harus melakukan proses pairing terlebih dahulu yang memerlukan aplikasi pada driver CD. Proses pairing ini cukup aneh karena mouse tidak dapat langsung terbaca saat anda menghubungkanreceiver ke port USB.

Setelah aplikasi Pair Tools terinstal, Nda harus mengikuti langkah pairing yang ditampilkan pada aplikasi. Salah satu langkah yang sedikit sulit dilakukan adalah menekan tombol klik kiri, kanan dan tengah bersamaan selama tiga detik dengan jarak mouse sedekat mungkin dari receiver. Dalam 3 kali percobaan akhirnya proses pairing sukses setelah menemukan jarak yang tepat. Jika sukses indikator LED berwarna merah yang terletak pada tombol DPI switch akan berkelip-kelip. Setelah itu anda dapat menggunakan mouse.

Lalu bagaimana performanya? Menurut kami Rapoo 7100 cocok digunakan bagi anda yang tidak memiliki telapak tangan lebar. Jari tangan kami yang termasuk panjang melebihi tombol klik kiri dan kanan, sehingga untuk mengeklik baik jari telunjuk dan tengah harus menyerupai bentuk mencakar. Bagi kami hal ini kurang nyaman karena lebih senang mengeklik dengan posisi jari yang tidur. Sebenarnya bisa saja dengan posisi jari yang tidu. Sebenarnya baik saja dengan sedikit memundurkan posisi tangan, tetapi telapak tangan tidakdapat menempel dengan nyaman pada punggung mouse. Oleh karena itu mouse ini lebih cocok digunakan oleh yang bertelapak tangan tak terlalu lebar.
DPI switch yang ada juga memungkinkan anda untuk berganti kecepatan secara instan. Memang hanya terdapat 2 pilihan saja, yakni 500 dan 1000 DPI.Tidak cocok bagi anda yang mengharapkan pergerakan kursos dengan DPI tinggi. Tetapi apapun itu kekurangannya, masih dapat dimaklumi mengingat harga dari mouse yang termasuk terjangkau.

Spesifikasi
SG anti-interface wireless transmission | 18 months battery life | 4D scroll wheel for fast browsing | One-key DPI switching.
Harga : Rp. 239.000,-

Demikian informasi mengenai Spesfikasi dan Harga Rapoo 7100P. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.